Translate

Cara Hapus Linux Boot Loader Dari Startup Setelah Menghapus partisi Linux pada Dual-Boot System?

Jika anda memiliki dual-boot dengan Linux dan Windows, maka Anda mungkin tahu bahwa ketika Anda memulai sistem anda boot loader Linux pertama muncul menunjukkan Linux serta Windows boot entri dan jika Anda memilih Windows dari daftar, hal itu dimulai Windows.

Misalkan situasi ketika anda ingin menghapus Linux dari sistem anda dan ingin hanya menggunakan Windows, maka bagaimana Anda akan melakukannya?

Banyak kali orang menghapus partisi Linux setelah diinstal dari "Disk Manager" but it doesnt menghapus Linux sepenuhnya. Linux boot loader masih muncul saat startup tetapi karena Anda menghapus partisi Linux, boot loader akan rusak dan sistem Anda menjadi tidak dapat digunakan.

Jadi, jika Anda juga menghadapi masalah ini atau Anda menghadapi masalah ini di masa lalu dan tidak bisa mendapatkan solusi kerja, kemudian membaca tutorial ini dan Anda bisa mengikuti jika Anda menemukan diri sendiri dalam situasi yang sama.

Tutorial ini akan membantu Anda dalam sepenuhnya menghapus Linux dari dual-boot:

1. Pertama Anda harus boot menggunakan Windows setup CD. Anda dapat menggunakan CD Setup Windows 98 atau Windows 2000, XP, 2003 CD atau Windows Vista, Server 2008 DVD.

A. Menggunakan Windows 98 CD:

Boot ke Command Prompt dan memberikan perintah berikut:

fdisk / MBR

Sekarang keluar dari command prompt dengan mengetik Exit dan tekan Enter.

B. Menggunakan Windows 2000, XP, 2003 CD:

Masuk ke "Recovery Console" dengan menekan "R", pilih instalasi Windows Anda dan masukkan sandi administrator. Sekarang memberikan perintah berikut:

fixmbr

Tekan "Y" untuk mengkonfirmasi dan jenis Keluar untuk keluar dari recovery console.

C. Menggunakan Windows Vista, Server 2008 DVD:

Boot menggunakan DVD setup dan klik pada "Repair Computer" link, lalu klik pada "Command Prompt". Sekarang menavigasi ke DVD drive menggunakan perintah CD dan akhirnya memberikan perintah berikut:

bootsect / nt60 SYS / mbr

Keluar dari Command prompt dan restart sistem anda.

Terima kasih kepada Ramesh Kumar (Fellow MVP) untuk memberikan trik ini.

2. Perintah di atas akan menghapus bootloader Linux dari startup dan Anda akan dapat langsung boot ke Windows.

3. Jika Anda belum menghapus partisi Linux, maka Anda dapat menghapusnya dengan menggunakan "Disk Manager" tool pada Windows. 0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......