Translate

Download Android Simulator Dengan Android Market Di Windows7

Jika anda ingin mempunyai HP / Handphonne dengan system operasi dengan android,dan anda belum ada cukup uang untuk membeli hp tersebut. anda dapat menjalankan system operasi android di atas komputer dengan system operasi windows 7.
Sekilas Tentang Android Software Development Kit:
Android SDK adalah sebuah software yang diciptakan untuk pengembangan aplikasi di Os Android. Seperti namanya software ini berguna untuk mensimulasikan OS Android pada PC. Selain untuk fungsi pengembangan emulator ini juga dapat digunakan untuk mencoba aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh para developer Os tersebut. Walau emulator ini memiliki keterbatasan dalam penggunaan marketnya dan keterbatasan dalam requiretments saat instal apps tertentu, namun cukuplah untuk mengobati keingintahuan kita terhadap OS Android.

    Tanpa basa-basi lagi mari kita langsung saja pada turotial menginstal emulator android ini
 

1. Kita membutuhkan SDK Android. Adapun SDK Android yang kita gunakan adalah SDK r10 untuk windows. Berikut linknya (31 Mb):
Resmi:
Mymirror:

2. Ekstrak File tersebut ke folder instalasi yang anda inginkan... Sebagai contoh saya menginstalnya di path C:\Users\Reinhard Jan Piter\Downloads\Compressed\android-sdk_r10-windows.

3. Download OS Android-1.6_r03 untuk Windows. Berikut linknya (61 Mb):
Resmi
Mymirror

4. Ekstrak file tersebut ke folder "android-sdk_r10-windows\android-sdk-windows\platforms". Sebagai contoh C:\Users\Reinhard Jan Piter\Downloads\Compressed\android-sdk_r10-windows\android-sdk-windows\platforms.

5.  Jalankan SDK Manager.exe pada folder instalasi tersebut. Cancel saja semua update. Jangan menginstal update apapun! Pastikan pada tab installed packages

6. Kemudian masih dari SDK Manager, pada tab virtual devices klik New virtual Device. Akan muncul window "Create New AVD Virtual Devices".

7. Setelah selesai Klik Tombol Create AVD. Bersabarlah karena pada saat pembuatan AVD tersebut computer akan terlihat hang beberapa saat sampai muncul windows.

8. Jangan menjalankan Virtual Devicenya terlebih dahulu sampai saatnya nanti, jika anda menjalankannya Android market tidak akan bisa berjalan sempurna. Download file Image HTC yang telah mendukung Android Market. Berikut linknya (33 Mb):
Resmi (39 Mb)
Mymirror (system.img only / Pass : rere ) (33 Mb)
  • Jika anda menggunakan link resmi maka pilihlah yang system: signed-dream_devphone_userdebug-img-14721.zip. Accept semua terms dan download.
  • Ekstrak file dari HTC tersebut dan copy system.img nya saja ke path C:\Users\Nama user komputer anda\.android\avd\nama avd anda.avd.
  • Disini kita akan membuat Shortcut Untuk menjalankan simulator langsung dari desktop. Bukalah folder tools pada instalasi SDK anda, Klik kanan pada emulator.exe untuk membuat shortcut. Emulator.exe tidak menjalankan emulator secara langsung. Oleh karena itu bukalah panel properties shortcut yang anda buat (klik kanan > properties pada shortcut) kemudian pada kolom target tambahkan @"Nama Avd Anda" kemudian klik apply dan OK. Sebagai contoh Nama AVD saya "Test"
  • Jalankan Simulator Android anda melalui SDKManager.exe, cancel saja semua instalasi update dan pilih Kolom Virtual device > Klik AVD anda > dan Klik Start.
  • Setelah itu akan muncul window Launch Option... Centanglah Wipe User Data untuk penggunaan pertama.
  • Simulator Anda sekarang sudah bisa digunakan layaknya HP Android hanya tidak bisa menggunakan Telepon dan SMS saja... Kalo Kompi Anda tersambung dengan Internet maka Anda bisa mendownload semua Aplikasi di Android Marketnya dan membuka browsernya. Walau tak semua aplikasi yang ada di Aplikasi Android Market yang ada di HP ada di Android Market di Simulator ini.
  • Bagaimana jika aplikasi yang anda inginkan tidak tersedia di android marketnya? Pertama anda harus mendownload ADB nya karena default ADB sudah dihapus... Berikut link ADB nya (292 kb): http://www.4shared.com/file/-Moe9COh/ADB.html
  • Extract ADB tersebut ke direktori android-sdk_r10-windows\android-sdk-windows\tools
  • Setelah itu anda boleh mencari aplikasi apa yang anda inginkan. selama aplikasi tersebut berformat .apk maka aplikasi tersebut bisa diinstal di Android simulator anda. Di luar sana banyak developer yang memberikan link untuk mendownload aplikasi .apk, setelah mendownloadnya silahkan memindahkan file .apk tersebut ke folder yang sama dengan anda mengekstrak ADB tadi sebelumnya, yakni di direktori android-sdk_r10-windows\android-sdk-windows\tools.
  • Jalankan emulator anda melalui shortcut yang telah anda buat sebelumnya, tunggu sampai selesai boot dan biarkan running background.
  • Kemudian arahkan path comand prompt anda ke android-sdk_r10-windows\android-sdk-windows\tools atau cara mudahnya buka direktori tools dan pada foldernya tekan SHIFT + Klik kanan > Pilih Open Comand Window From Here.
  • Ketikan pada Comand Prompt yang telah mengarah ke tools tadi: adb install namaaplikasi.apk (sebagai contoh saya ingin menginstal Runkeeper.apk) maka perintah yang saya ketik adalah: "adb install runkeeper.apk"
  • ika berhasil maka setelah anda tekan enter akan muncul preview yang menyatakan install anda succes.
  • Setelah selesai close jendela comand prompt tersebut dan lihat di menu android emulator telah terinstal runkeeper.
sekarang android simulator 1.6 With Android market dan instalasi manual aplikasi berekstensi .apk Untuk Windows 7 sudah selesai .

Selamat mencoba...
Source
0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......