Tips Untuk Membeli Komputer

Jika anda orang awam, tidak terlalu mengenal seluk beluk komputer / laptop dengan baik, ada baiknya sebelum membeli anda mencari tahu barang yang akan anda beli terlebih dahulu. 

Kalau bahasa awamnya, sebelum menggunakan panduan untuk memakai, gunakan terlebih dahulu panduan untuk membeli. 
Hal ini tentunya dengan tujuan agar anda mendapatkan barang yang bagus dengan kualitas prima dan menghindarkan anda dari "penipuan" atau setidaknya dari merasa tertipu setelah membeli komputer atau laptop. Umumnya calon pembeli "terjerat" karena tiga unsur : penampilan dari komputer / laptop yang bagus, harga yang murah, dan sales yang sexy piawai. 

Berikut Ini adalah faktor yang harus anda ketahui dahulu, kemudian barulah anda memahami bagaimana langkah untuk membeli komputer dengan baik.

Faktor Harga vs Performa

Setiap komputer dilengkapi dengan fungsi dan performa yang berbeda-beda pula, hal ini tercermin dalam perbedaan harga antara komputer tingkat pemula dan tingkat tinggi. Pahamilah dan ketahuilah kebutuhan Anda sehingga bisa mendapatkan komputer yang tepat dan menghindari membayar terlalu banyak untuk komponen yang tidak Anda perlukan. Kami dapat membantu Anda dengan menemukan PC yang tepat bagi Anda. Pada saat yang sama, komputer dengan diskon promosi tinggi mungkin tidak cukup kuat untuk kebutuhan Anda. Komputer semacam itu sering kali berisi sistem lama dengan komponen murah atau usang sehingga dengan membayar sedikit lebih banyak saja Anda bisa mendapatkan sebuah PC yang secara dramatis lebih baik. Lakukan perbandingan harga, lihat komponen individu dan pertimbangkan kebutuhan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat antara harga dan performa.

Faktor Peripheral & Perangkat Lunak

Banyak komputer yang dipaketkan sering disertai perangkat lunak standar dan dibundel dengan peripheral tertentu. Ini termasuk sistem operasi, perangkat lunak antivirus, mouse dan keyboard. Cek dengan toko sebelum membeli mengenai peripheral apa saja yang menyertai komputer. Pastikan Anda mendapatkan semua yang dibutuhkan dengan anggaran yang sesuai untuk add-on seperti printer atau kabel ekstra sesuai yang diinginkan. Sebagian besar komputer tidak dilengkap dengan aplikasi perkantoran dan Anda harus menyadari hal itu.

Faktor Komponen Sistem

Pastikan masing-masing komponen Anda bekerja sama dengan baik. Memiliki prosesor terbaru dan tercepat tanpa RAM yang cukup akan membuat program Anda berjalan lebih lambat dari seharusnya. Cek bahwa komponen-komponen yang ada seimbang dalam performa. Untuk sejumlah faktor bentuk, mungkin sulit untuk meng-upgrade komponen. Selalu mencoba untuk meneliti dan pastikan untuk membeli apa yang Anda butuhkan sekarang selain juga memiliki kemampuan untuk ditingkatkan di masa mendatang.

Faktor Kesiapan Untuk Masa Depan

Siap untuk masa depan mengacu pada pembelian atau perakitan komputer yang mampu menjalankan aplikasi tingkat tinggi di masa depan. Hal ini biasanya datang dengan harga yang sangat tinggi. Dalam jangka panjang, akan lebih baik bila Anda membeli komputer dengan nilai harga-berbanding-performa terbaik untuk uang Anda dan tabung sisanya. Anda akan menghemat dalam jangka panjang untuk terus meng-upgrade setiap 6 bulan atau mengganti komputer Anda seiring kemajuan teknologi.

Berikut Ini adalah Langkahnya:

1. Tentukan Kebutuhan

Hal yang paling mendasar adalah anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan anda membeli komputer atau laptop. Apakah anda hanya butuh untuk sekedar pengetikan dengan menggunakan perangkat lunak office, atau untuk bermain game, atau menggambar, atau tujuan spesifik lainnya. Mulailah dengan memperkirakan software apa saja yang aka dipakai dan seberapa sering software tersebut dipakai. Dengan demikian, anda selanjutnya akan dapat memperkirakan spesifikasi komputer dan laptop yang anda butuhkan. Sebagai contoh, spesifikasi komputer atau laptop untuk bermain game tentunya jauh lebih baik bila dibandingkan jika hanya untuk pengetikan biasa, atau dengan kata lain, jika anda hanya butuh untuk pengetikan biasa spesifikasi komputer sebaiknya jangan terlalu tinggi.Untuk menentukan spesifikasi anda dapat meminta tolong pada teman yang lebih ahli atau mungkin anda sendiri dapat mencari tahu cara menentukan spesifikasi komputer.

2. Keuangan

Setelah menentukan kebutuhan dan perkiraan spesifikasi komputer, dengan sendirinya anda akan dibatasi oleh masalah keuangan. Jika uang anda kurang, mungkin anda bisa mendapatkannya dengan jalan kredit atau meminjam pada orang lain. Tetapi jika anda tidak ingin berhutang, maka kurangi spesifikasi komputer yang telah anda buat mulai dari perangkat atau aksesoris yang paling tidak anda butuhkan atau kecil sekali manfaatnya.

3. Garansi

Tanyakanlah garansi pada penjual, terutama jika barang yang akan anda beli adalah barang bekas (second). Umumnya garansi akan berlaku antara 1-2 tahun untuk yang masih baru, sedangkan untuk barang bekas sekitar 1 hari - 1 bulan. Jangan malu untuk mengajukan pertanyaan detil untuk garansi ini sebab garansi ini sangat penting. Garansi akan menjamin anda bila terjadi sesuatu masalah pada kompter / laptop yang anda beli, baik karena cacat dalam proses produksi atau mungkin akibat kesalahan yang anda lakukan. Oleh karena itu, jangan merusak segel garansi yang ada pada komputer atau laptop anda. Jika terjadi kerusakan atau masalah pada komputer / laptop anda, selama itu masih dalam masa garansi sebaiknya anda bawa langsung ke tempat servis / bengkel resmi produk tersebut.

4. Tempat servis / bengkel resmi

Kuantitas dan kualitas tempat servis / bengkel resmi produk patut anda pertimbangkan. Semakin banyak tempat servis / bengkel resmi berarti semakin banyak orang yang menggunakkan produk tersebut, sehingga suku cadangpun umumnya akan relatif lebih mudah didapat. Semakin baik kualitas tempat servis / bengkel resmi maka semakin baik pula pelayanan yang diberikan. Tanyakan pada penjual dimana saja anda dapat menemukan tempat servis / bengkel resmi produk yang akan anda beli. Jangan karena hanya harga yang murah anda mengorbankan urusan servis. Bagaimana bila komputer dan laptop yang anda beli rusak, tetapi garansi hanya berlaku untuk tempat servis / bengkel resmi yang hanya ada di luar kota.

5. Purna jual.

Cek apakah ada layanan purna jual dari produk yang akan anda beli. Lakukan pula riset singkat untuk mengetahui fluktuasi (terutama penurunan) harga dari produk komputer atau laptop tersebut. Penurunan harga yang cukup drastis umumnya disebabkan adanya produk (saingan) yang lebih bagus, atau sedikit peminat produk tersebut, atau mungkin ada cacat / kekurangan yang tersembunyi.

6. Merk

Merk bukan segalanya tetapi merk akan menentukan kualitas. Jika memungkinkan, pilih komputer atau laptop yang menggunakan merk-merk yang sudah terkenal seperti acer, dell, toshiba, dll. Secara umum komputer atau laptop dengan merk terkenal akan memiliki kualitas lebih baik, garansi lebih terjamin, tempat servis / bengkel resmi lebih banyak dan tersebar, harga purna jual yang lebih tinggi dan harga beli yang lebih mahal. Walaupun demikian, komputer rakitan lokal dapat menjadi alternatif untuk harga yang murah dengan kualitas yang tidak kalah dengan komputer bermerk. Tetapi pastikan pula bahwa jika terjadi kerusakan anda dapat datang ke bengkel komputer tersebut dengan mudah.

Semoga Bermanfaat ^___^

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......