Translate

Web browser apa yang paling aman ?

Di kuarter pertama tahun 2009 ini NSS labs mengadakan test comprehensive yang pertama dari beberapa web browser populer di dunia. Test ini menguji tingkat keamanan web browser dari ancaman malware.

Semakin sering kita berselancar di internet, ancaman dari luar juga semakin sering. Meskipun virus, malware kebanyakan dari media flashdisk/email, tidak sedikit ancaman tersebut datang ketika ber-internet akibat web browser yang kurang aman.

Berikut ringkasan hasil Test NSS Labs tentang web browser yang paling aman dari malware dari 5 web browser yang cukup populer.

firefox-chrome-ie-safari-op

Test dilakukan selama 12 hari ( pengetesan full 24×7 mulai 26 Februari 2009 sampai 10 Maret 2009). Pada awalnya digunakan lebih dari 60.000 URL ( alamat website) yang diindikasi menyertakan malware, dengan 5.149 alamat yang berbeda. Tetapi hanya 1.779 URL yang bisa diakses ketika test dilakukan. Dan karena berbagai alasan lain, akhirnya ditetapkan 492 alamat website yang diikutsertakan dalam pengetesan ini (tiap url mengandung/terdapat malware)

Web Browser yang ditest dan versinya adalah sebagai berikut :

  • Microsoft Internet Explorer v7
  • Microsoft Internet Explorer v8 (RC1)
  • Google Chrome v1.0.154
  • Apple Safari v3
  • Mozilla Firefox v3.07
  • Opera 9.64

Ringkasan Hasil Test

hasil selengkapnya bisa melihat dokumentasi yang bisa di download dari alamat http://nsslabs.com/anti-malware/browser-security. Secara ringkasnya sebagai berikut :

Rating kemampuan menangkap/mendeteksi malware dan efektivitas web browser yang diuji

browser-security-test

Terlihat Internet Explorer 8 (RC1) mengungguli browser yang lainnya dengan kemampuan mendeteksi 69% malware. Microsoft sepertinya memang membuat usaha yang cukup bagus disini, dibanding dengan Internet Explorer versi-versi sebelumnya. Kemudian Mozilla Firefox 3.07 di urutan kedua dengan kemampuan 30%. Diiikuti dengan Aple Safari 3 dengan 24%, Google Chrome v1.0.154 dengan deteksi sebanyak 16% yang menurut NSS labs sedikit menurun dibanding sebelumnya. Sedangkan dua urutan terakhir dan dianggap kurang dalam hal melindungi PC dari malware adalah Opera 9.64 dan Internet Explorer 7, dengan hasil hanya 5% dan 4%

Meskipun begitu, jika menggunakan Firefox dan ingin meningkatkan keamanan, maka dapat dilakukan dengan menambahkan plugin NoScript dan menon aktifkan fitur http header refresh. Seperti yang dijelaskan dalam artikel ini Is Firefox really safer than Internet Explorer?

Dikutip dari ebsoft.web.id

0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......