Cara Mereset CCTV DVR



Digital Video Recorder yang satu ini memang sudah sangat terkenal di kalangan mengguna dan pemerhati CCTV. Selain harganya yang cukup ekonomis, fitur-fitur yang dihadirkan pun lebih relevan dibandingkan dengan DVR kelas atas lainnya.

Walaupun tidak asing di telinga kita, ternyata DVR tersebut menyimpan rahasia yang belum pernah atau sedikit dari kita yang mengetahuinya. Salah satunya cara hard reset DVR tersebut.

Kebanyakan dari kita me-reset atau kembali ke pengaturan awal (default pabrik) dengan menggunakan menu yang tersedia (password default “0000”). Tapi pernahkah kita temui kasus “lupa password” ? Solusi dari kebanyakan orang yaitu dengan membongkar casing dan melepas baterai CMOS. Akan tetapi hal tersebut sama saja tidak berarti atau sia-sia.

Kami mempunyai solusi jitu mengatasi hal tersebut yaitu dengan Hard Reset atau melakukan reset langsung dari main board DVR, sedangkan langkah-langkah untuk mereset seperti DVR Merk AVTECH bisa mengikuti cara dibawah ini :

1. Lepaskah penutup Digital Video Recorder bagian atas (casing DVR), dan cari chip resistor untuk mengatur ulang perangkat DVR tersebut.


2. Chip resistor tersebut biasanya diberi kode TP5/TP6 dan letaknya berada didekat IC CMOS, X-TAL, atau bahkan didekat port USB. Seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini :

                 
3. Lepaskan Power DVR dari aliran listrik (Adaptor DVR), kemudian cari resistor dengan kode TP setiap board DVR Merk AVTECH pasti memiliki resistor seri ini cuman ada berbeda letaknya disetiap seri boardnya, lalu hubungkan pendek/konsletkan resistor tersebut (TP5 dan TP6) dengan benda konduktor(kabel/komponen, obeng).

Sambil ditahan nyalakan DVR dengan menghubungkan lagi Power DVR (adaptor DVR) ke aliran listrik dan nyalakan tombol power DVR.


4. Setelah DVR menyala (proses booting) dan terdengar bunyi beep sekali, layar akan menjadi blank dan di kanan atas akan muncul kalimat "Factory Hard Reset..." lepaskan segera benda konduktor (kabel/kaki komponen/obeng) pada TP 5 dan TP 6.

5. Tunggu Hingga Tampilan boot default reset dan tampilan menu mulai tampak.

Jika dalam tutorial ini masih ada kendala, kami persilahkan download buku panduan recovery DVR AVTECH untuk semua tipe DVR dan NVR berbahasa indonesia pada link di bawah ini.

4 komentar:

  1. selain tp5 dn tp6 ada nama lain gk resistornya ??

    BalasHapus
  2. Agan Dadang Coba TP5 dan TP6 dulu, karena cara lain akan menghapus semuanya

    BalasHapus
  3. klo utk DVR HD i DVR jg sma? trus ltaknya sblah mna ya?trim's

    BalasHapus
  4. Kalo tulisan tp5 sm tp6 ga ada .. kode yg di pake lain apa gan..

    BalasHapus

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......