Translate

Wacana Algoritma Google Untuk Rangking Situs/Blog

Google menggunakan algoritma tertentu untuk merangking situs yang terdiri dari lebih dari 100 macam kriteria yang berbeda dalam perhitungannya, setiap kriteria bisa berubah bobotnya setiap saat.
Karena itulah, teknik yang efektif digunakan sekarang belum tentu efektif di masa yang akan datang. Ini penting untuk diingat, bila suatu saat rangking situs kita berubah tanpa sebab yang jelas.
Optimalisasi situs tidak seharusnya dilakukan sekali saja, tetapi lakukanlah setiap saat, kita harus menguji situs, belajar lagi dan melihat hasilnya.
Catatan: Pada November 2003, google memperkenalkan perubahan algoritma utamanya yang disebut “Florida Update” yang mengubah cara google dalam merangking situs. Pada saat ini algoritma tersebut masih terus berubah, dengan beberapa effect yang kurang dimengerti dengan baik. Untuk lebih jelas anda bisa melihatnya di Florida Update.
1. Algoritma Perangkingan Google
Algorithma perangkingan google bisa dipecah menjadi dua grup faktor utama:
Keyword (textual) factors. Faktor Keyword, bagaimana, dimana dan kapan keyword digunakan. Yang berarti seberapa baik optimalisasi situs kita untuk keyword yang kita pilih, dan kapan keyword itu muncul pada link yang merujuk pada halaman situs anda. Faktor keyword mencerminkan tingkat relevansi halaman (page relevance).
Link (PageRank) factors. Ini termasuk juga jumlah dan kualitas dari link yang merujuk pada situs anda. Faktor link mencerminkan seberapa penting (page importance) dan seberapa kuat hubungannya dengan Google PageRank (PR).
Dengan kata lain, Google mencari halaman yang berada dalam indexnya yang berhubungan dan penting (relevant and important) pada suatu pencarian untuk kata tertentu, kemudian mengurutkannya secara menurun pada halaman hasil.

2. Keyword Factors dan Page Relevance

Keyword adalah kata yang di masukkan kedalam search engine untuk mencari informasi terentu. Biasanya orang memasukkan antara 2 -5 kata ke google untuk menemukan yang mereka cari. Google akan mencari apa yang mereka inginkan.
Google akan menganalisa semua halaman yang berada dalam index, dan mengurutkannya halaman yang sesuai. Setiap situs biasanya mempunyai satu atau dua keyword, ini biasa juga disebut tema “theme” dari situs tersebut (akan dibahas nanti).
Seberapa baik anda mendefinisikan tema dari situs anda, dan seberapa baik anda mengoptimalkan penggunaan keywords, akan sangat mempengaruhi rangking anda di google.
Google akan mengukur tingkat keterhubungan halaman situs berdasarkan pencarian hypertext dan menganalisis situs anda dan situs lain yang memilik link ke situs anda.
Google akan menilai text yang menjadi link (yang bisa di klik) ke situs kita, yaitu judul dari text tersebut, dan isi dari halaman yang melink kesitus kita, apakah juga terdapat keyword kita.

3. Link Factors (PageRank) dan Page Importance

Page importance adalah tentang links-berapa banyak, kualitasnya, kekuatannya, yang akan dibahas nanti. Ini adalah bagian dari algoritma yang biasa disebut Google PageRank (PR).
Google akan mencari links dari situs lain yang merujuk ke situs kita. Google perpendapat bahwa link dari situs A ke situs B itu menunjukkan bahwa situs B adalah situs yang penting. Dalam hal ini, situs lain memberikan suara untuk situs kita, yang juga membantu menaikkan rangking halaman (PageRank) pada situs kita.
Setiap halaman situs kita mempunyai PR (PageRank) nya sendiri. Biasanya nilai PR yang tertinggi ada pada halaman utama (home page), kebanyakan orang akan melink pada halaman utama ini, dari pada ke halaman yang lain yang berada pada situs yang kita miliki.
Semakin banyak situs yang melink ke situs yang kita miliki, maka google akan mengangap bahwa semakin penting situs anda dan akan menigkatkan rangking halaman (PR) situs anda. Akan tetapi kualitas adalah sama pentingnya dengan kuantitas, tidak semua link bernilai sama.
Perlu juga diingat bahwa PageRank hanyalah salah satu faktor yang digunakan untuk merangking. Situs yang mengoptimalkan keyword tertentu bisa menjadi lebih tinggi rangkingnya dari pada situs yang tidak mengoptimalkan keyword tetapi mempunyai PageRank yang lebih tinggi.
PageRank di tetapkan setelah membandingkan satu dengan yang lain, dari setiap halaman yang berada pada Google index. Ini berarti lebih dari 3.3 billion halaman. Catatan: PageRank ditentukan tidak berdasarkan keyword yang digunakan pada situs anda.

Sumber: belajarngeblog.com 0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......