Translate

Download Spark Messenger

Pemanfaatan Bandwidth internet di Unpad sebagian besar dimanfaatkan mengakses media komunikasi seperti instant messenger dan komunitas (friendster dll).  Untuk media komunikasi seperti instant messenger cukup berperan dan membantu sebagai media komunikasi alternatif, bahkan beberapa pihak telah memanfaatkan penggunaannya untuk komunikasi bekerja, seperti rapat dengan conference atau voice pc 2 pc.

Tingginya penggunaan media tersebut cukup disayangkan jika harus memanfaatkan bandwidth internet. Harusnya intranetlah yang dapat dimanfaatkan. Dilain pihak pemanfaatan komunikasi keluar tetap dapat dimanfaatkan. Ditengah kebutuhan tersebut ternyata ada saja perusahaan yang menawarkan dengan “Gratis” sebuah instant messenger memanfaatkan jaringan lokal, dan juga terhubung dengan jaringan instant mesenger dari account luar seperti yahoo, msn dan gtalk.



Adalah Ignite Realtime sebuah perusahaan yang telah mengembangkan instant messenger yang dapat menyediakan server lokal dan tetap menyediakan fasilitas account dari instant messenger terkemuka yang lainnya seperti yahoo, msn dan google talk yaitu Spark. Spark dikembangkan dalam lingkungan open source sehingga sangat tepat dimanfaatkan instansi atau perusahan besar yang memiliki jaringan LAN dan MAN.

Setelah dicoba Spark cukup memuaskan apa lagi Spark telah mendukung sistem authentikasi berbasis LDAP, sehingga para pengguna lokal yangtelah memanfaatkan sistem authentikasi tersebut tidak harus bersusah payah mendaftar lagi. Unpad dengan PAUS nya,  dengan sangat mudah dapat memanfaatkan Spark untuk memenuhi kebutuhan komunikasi lokal.

Dengan spark diharpkan nelpon, diskusi dan rapat berbeda gedung atau kampus, gak perlu menggunakan yahoo messenger, gunakan saja spark. Bagi yang merasa yahoo messenger tetap harus online, spark telah menyediakan fasilitas tersebut.

Overview Program Spark Messenger



Semakin banyaknya program messenger yang ada, maka perlu kita pikirkan dan kita pilih juga messenger yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita, terutama bila akan kita gunakan dalam suatu instansi atau perusahaan yang lebih bersifat formal.

Yahoo Messenger atau Google Talk lebih bersifat umum, maka tidak bisa kita gunakan, karena bila tetap kita gunakan, maka bukan hanya daftar staf perusahaan saja yang akan menjadi membernya, melainkan semua teman-teman dan rekan diluar staff kantor juga bebas masuk ke member dan leluasa berchatting ria, yang bisa saja malah menghabiskan jam kerja kantor dengan hal-hal yang tidak diperlukan, bahkan yang lebih berbahaya adalah bertukar informasi dan data atau file rahasia dari perusahan, yang tentu saja akan merugikan perusahaan yang bersangkutan.

Untuk itu diperlukan suatu program messenger yang hanya bisa dibuat dan di control oleh perusahaan yang bersangkutan, sehingga lebih bersifat intern dan data perusahaan tidak sampai jatuh ke selain staff perusahaan tersebut. Beberapa diantara software messenger tersebut adalah Spark Messenger, Winpopup LAN messenger, RaAdmin dan beberapa software messenger intranet lainnya.

Selain kemudahan pengiriman pesan dan data antar staff perusahaan, maka biaya pembelian software  messenger tersebut juga perlu diperhitungkan karena akan diinstal dan digunakan hamper seluruh staff dan divisi, apalagi bila perusahaan tersebut juga memiliki jumlah staff atau divisi yang cukup banyak. Dan salah satu software yang tidak berbayar atau freeware, yang saat ini sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan adalah Spark Messenger.

Seperti yang dilansir pada websitenya di www.spark.com, bahwa fungsi dari spark adalah sebagai sarana untuk membantu menemukan dan memperkenalkan seseorang sesuai dengan kriteria yang dia inginkan sehingga bisa diajak kencan dan bisa juga disebut sebagai situs perjodohan online.

Namun pada fungsi yang lain Spark Messenger bisa digunakan sebagai aplikasi instan messenger yang cukup berperan dan membantu sebagai media komunikasi alternatife, bahkan beberapa pihak banyak yang telah memanfaatkan penggunaannya untuk komunikasi bekerja seperti rapat dengan conference atau voice pc to pc.

Spark Messenger adalah program yang menggunakan aplikasi berbasis Client Server sehingga bisa mencakup koneksi antar cabang yang berbeda lokasi atau di luar daerah tersebut, dan tentunya memanfaatkan koneksi internet melalui VPN dan sejenisnya. Untuk itu akan kami jelaskan secara singkat pada bab berikutnya mengenai instalasi dan penggunaan Spark di tiap PC dan Open Fire sebagai Server Spark serta MySql sebagai databasenya

Open Fire dan MySQL

Sebelum kita memulai proses instalasi program spark messenger, maka sebaiknya kita install terlebih dahulu program Open fire Server dengan Mysql sebagai databasenya atau bisa juga kita gunakan database default dari open fire, tapi saya sarankan menggunakan database external seperti MySql yang sedang saya gunakan karena prosesnya yang sederhana dan mudah sekali. Untuk download software Mysql Server 5.5.15 bisa menuju ke link http://www.mediafire.com/?u6vwnhio6l5423y, sedangkan petunjuk installnya ada di blog http://putuananta.blogspot.com/2011/08/cara-install-mysql-server-5515-di_20.html.

Setelah kita instal MySql maka kita buat database misalkan dengan nama openfire, setelah itu kita install OpenFire. Untuk download software OpenFire 3.7.1 bisa menuju ke link http://www.igniterealtime.org/downloads/, sedangkan petunjuk installnya ada di blog http://edui.wordpress.com/2009/12/14/panduan-instalasi-openfire-server/.

Setelah semua selesai terinstal dan terkoneksi dengan baik, agar kita bisa melanjutkan proses install spark messenger di tiap PC atau klien, maka tinggal kita isi database pada open fire dengan username dan password untuk tiap user sesuai kebutuhan perusahaan, kemudian kita tentukan juga tiap groups nya dari masing-masing divisi dan bagiannya.

Jika User dan Group sudah terisi maka kita bisa melanjutkan untuk proses install Spark messenger di tiap PC atau user, tetapi khusus untuk user yang berjauhan letaknya misalkan di luar lokasi tersebut atau di luar kota sebagai anak cabangnya, maka kita harus menggunakan koneksi internet khusus dan setingan IP server yamng bisa diakses oleh koneksi internet di luar lokasi tersebut, seperti penggunaan setingan internet VPN yang banyak digunakan.

source:

Untuk proses instalasi Program Spark Messenger tidaklah terlalu sulit, karena petunjuk dan tutorial di internet juga cukup banyak, jadi untuk download software Program Spark Messenger bisa menuju ke link http://community.igniterealtime.org/blogs/ignite/2011/06/28/ release-announcement-for-spark-263, sedangkan petunjuk installnya ada di blog http://ealifes.wordpress.com/2012/02/14/konfigurasi-im-client-spark/.

Setelah selesai terinstal dan terkoneksi dengan server maka daftar nama-nama user yang lain yang sedang online, sehingga kita bias memulai untuk berchating atau berkirim file dengan memilih satu atau bisa juga beberapa user sekaligus.

Sedangkan untuk petunjuk lengkap mengenai penggunaan Spark Instan Messenger bisa menuju ke link berikut : http://www.scribd.com/schresna/d/55324228-Modul-Spark.
0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......