Manfaat Mentimun

Mentimun atau yang sering disebut dengan timun mempunyai nama latin cucumis sativa ini adalah buah yang termasuk sayuran dari keluarga labu.

Timun banyak mengandung air sehingga sangat segar bila diamakan secara langsung. Timun juga biasa dijadikan lalapan maupun digunakan sebagai acar.

Dibalik kesegaran timun, ternyata ada banyak sekali manfaatnya baik itu kesehatan mauapun kecantikan. Dan berikut adalah beberapa manfaat dari mentimun untuk tubuh:

1. Mengurangi nyeri ketika sakit kepala
Makan beberapa iris timun sebelum tidur dapat membantu meredakan sakit kepala. Kandungan lainnya dari timun seperti gula alami, vitamin B dan elektrolit untuk menambah nutrisi penting dan mengurangi intensitas sakit kepala.

2. Memperlancar air seni dan menurunkan darah tinggi
Jus timun merupakan salah satu obat terbaik melancarkan air seni dan juga menurunkan darah tinggi.

3. Membantu fungsi pencernaan
Beberapa masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga meningkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

4. Kesehatan sendi
Kandungan silika dalam mentimun dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat.

5. Meredakan sakit sariawan
Makan mentimun dalam jumlah banyak setiap hari dapat membantu meredakan ‘panas’ sariawan. Ini karena buah mentimun memberikan rasa dingin di rongga mulut.

6. Membantu menurunkan berat badan
Mentimun mengandung kalori yang rendah dan kandungan air yang tinggi. Mentimun adalah makanan yang ideal untuk orang yang menjalani program penurunan berat badan.

7. Mengobati diabetes dan mengurangi kolesterol
Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin dan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol di dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

8. Perawatan kulit
Timun mempunyai sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.


0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......