Just doing don't thinking

MARKETING FOR SMALL BUSINESS


Ketika kita sudah menemukan dan memulai dengan small business baru yang kita inginkan, tentunya dengan jenis usaha dan produk yang sudah kita tentukan, serta langkah get first customer pun sudah kita lalui, lantas apa langkah yang harus kita lakukan berikutnya ? Bagaimana memasarkan produk yang sudah kita siapkan ?

Yes, Marketing. Marketing bukanlah suatu peristiwa yang terjadi sekali dan kemudian berhenti. Marketing adalah proses yang membutuhkan usaha yang tidak berkesudahan untuk terus menerus menorehkan kesan di hati customer kita. Namun perlu kita pahami bahwa marketing bukanlah proses yang rumit dan ribet pula, seperti yang sering dibayangkan orang banyak.

Think simple, make it less complicated. Five keys to true marketing success for your small business.

1. KEPEMIMPINAN / LEADERSHIP

Leadership atau kepemimpinan adalah kunci keberhasilan yang pertama dan utama. Leader sudah tentu dapat dan mampu mengkomunikasikan tujuan dan target yang dimiliki perusahaan secara jelas dan tepat sasaran kepada seluruh anggota dan team. Kalau tidak, bagaimana mungkin mereka memahami apa yang kita inginkan ? Bagaimana mungkin kita dapat berhasil dan sukses ? Inilah bedanya Leader dengan Manager, seorang Leader sudah tentu dapat me-manage dengan baik, namun seorang Manager belum tentu dapat memimpin dengan baik.

2. DENGARKAN SUARA CUSTOMER

Suara customer bisa saja bentuk ketidakpuasan atau kekecewaan terhadap produk yang di gunakannya. Program marketing yang berhasil adalah saat kebutuhan dan keinginan customer /konsumen diramu didalamnya. That̢۪s why ? Jangan pernah ragu untuk menanyakan langsung kepada customer /konsumen dan mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang mereka katakan. Berilah kebebasan kepada mereka untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat, tanpa harus merasa terintimidasi oleh kita, lantas kembangkan wawasan kita dan ciptakanlah sesuatu yang bernilai. Jangan menjadi tuli atau budeg terhadap keluhan dan suara customer.

3. FLEKSIBEL DAN SIAP BERUBAH

Yang selalu siap merespon perubahan di pasar dengan cepat, termasuk merespon keinginan customer / konsumen dan teknologi terbaru (new tech), mereka adalah perusahaan perusahaan yang pada umumnya sukses. Ketika kita menyadari bahwa taktik dan strategi marketing yang dijalankan tidak lagi se-efektif sebelumnya, maka segeralah membuat revisi dengan perubahan-perubahan yang konstruktif. Evaluasi, teliti dan telusuri sumber masalahnya dan segera hilangkan. Jangan membuang-buang waktu untuk sesuatu yang sudah jelas-jelas tidak berhasil.

4. FOKUS TARGET MARKET

Usaha atau bisnis yang kita jalankan sebaiknya memfokuskan diri pada cara pemasaran produk, baik barang ataupun jasa kepada target market yang ter-segmentasi. Tidak perlu merasa harus mengambil dan merangkul semua target market yang malah akan melemahkan bisnis kita. Memilih dan fokus pada salah satu cara, startegi dan taktik marketing, akan membuat all resources, waktu, tenaga dan biaya dapat tersalurkan dengan efektif.

5. KREATIF

Marketing adalah tentang bagaimana memahami customer /konsumen, maka berfikirlah kreatif dan pahami benar apa keinginan customer /konsumen kita. Jangan setengah hati untuk melakukan cara-cara dan terobosan baru yang mungkin belum pernah dilakukan oleh competitor kita. Kejenuhan dan bosan selalu bisa dihindari apabila diselingi dengan ide-ide baru yang segar. Dengarkan kata hati dan tidak membiarkan emosi mengambil alih.

Good luck finding your perfect business.

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......