Translate

Muhammad Profile ( Part 1 )

Ada beberapa kejadian yang mungkin jarang kita dalami tentang Nabi Muhammmad S.A.W dan saya tertarik dengan hal itu sehingga saya berusaha menshare ke saudara sekaligus memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW...

Dalam sebuah teori antropologi mengatakan bahwa "Salah satu faktor pembentuk nilai dari individu adalah lingkungan hidup individu tersebut".

Muhammad lahir di lingkungan quraisy arab yang paganis,pemabuk,sexbebas, suka berperang,dsb sebagai hal yang biasa dan sebagai moralitas bangsa Arab. Tapi setelah beliau lahir beliau dititipkan seorang ibu di desa arab untuk disusui dan dibesarkan dengan karakter santun khas orang desa, lalu di kembalikan ke keluarganya di asuh lama oleh kakek dan pamanya yang seorang pedagang dan salah satu orang terpandang di mekkah dengan karakter diplomatis yang kental dan sebelum umur 20 tahun dia di juluki oleh pettinggi quraisy sebagai Al-Amin.


Ditahun remajanya beliau bekerja membantu pamannya dan meneruskan profesi keluarganya sebagai pedagang hingga beliau di umur 25 bertemu Khodijah (janda kaya raya) dan bekerja sama sehingga dipercayai sebagai pengembang dagangan khodijah di luar mekkkah, dan tak lama mereka menikah dan karuniai anak 4 orang putra dan 3 putri.


Diawal pernikahan mereka, bisnis mereka maju pesat tapi beliau masih dirundung kesedihan karena beberapa anak-anak beliau menderita sakit dan meninggal, yang membuat beliau sangat bersedih adalah ketika putra kesayangan beliau bernama ibrahim sakit keras, beliau berusaha kemana-mana untuk menyembuhkannya tapi tetap tidak tertolong, didalam kesedihan yang sangat beliau melihat masyarakat quraisy sering meminta pertolongan kepada patung-patung dan pusat patung yang paling bagus berada di ka'bah.


Di sela mencari pengobatan putranya beliau menyempatkan diri untuk berkunjung ke ka'bah untuk berdoa, saat dia berkunjung ke ka'bah di sana beliau mendapati rombongan orang yang bukan penduduk asli mekkah juga berdoa dengan melakukan ritual yang berbeda.mereka adalah kaum ibrani ( pemegang teguh ajaran ibrahim) yang berziarah ke makam ibrahim(pendiri ka'bah dan Rasul mereka).


Beliau bertanya kepada salah satu dari mereka dan bedialog, Beliau baru mengetahui mengapa cara berdoa kaum ibrani dan kaum quraisy berbeda. Muhammad pun mulai tertarik akan banyaknya perbedaan tersebut dan terus memikirkannya, tak lama ibrahim putra beliau meninggal. beliau sangat bersedih dan beliau pun mengadu ke pada salah satu patung yang disegani oleh kaum quraisy di ka'bah selama beberapa hari. sekeras apapun beliau mengadu tak ada apapun yang terjadi dan beberapa orang menganggapnya telah gila karena membentak-bentak patung berhari-hari, beliau pun kembali teringat dialog dengan kaum ibrani dan kembali memikirkan siapa yang di panggil oleh kaum ibrani sebagai Tuhan.

Pertanyaan tentang....
Apakah sama patung ini dengan Tuhan yang disebut kaum ibrani ?,
Quraisy pun mengenal Tuhan tapi kenapa mereka berdoa kepada patung ?,
Kenapa quraisy suka menyebah patung,benci balita perempuan, sexbebas,dsb sedangkan ibrani tidak ?,
Kenapa berbeda, kenapa seperti ini ?,
Bisakah Patung ini mempuyai andil dalam terjadinya siang malam, padahal jika dia terjatuh maka dia akan pecah ?,
Kenapa ada siang dan terasa panas dan malam semua orang tertidur ?,
Saya ini apa dan siapa sebenarnya saya ? lalu
Apa dan siapa sebenarnya Tuhan itu ?,

Banyak pertanyaan yang ingin beliau temukan, Beliau berdialog dengan orang lain tapi jawabannya hanya tradisi dan penjelasan yang tak jelas yang beliau dapatkan,beliau terus memikirkannya secara tak sadar beliau mengasingkan diri keluar kota dan bermalam di gua,ketika pulang beliau berdialog dengan istrinya. melihat keadaan beliau khodijah merasa iba dan berusaha menghibur dan mengantikan tugas beliau untuk berdagang, sesekali membawakan makanan untuk beliau di gua(hira).


Di tepi keterputusasaan karena belum ada jabawan apa yang tepat dari pertanyaan semua ini...
turunlah Jibril dengan surat Al-Alaq ( Sebuah Revolusi Pengetahuan dan Sebuah Revolusi Moral ). Beliau berlari karena ketakutan dan menceritakan kepada istrinya, mendegar cerita tersebut Khodijah membawa Muhammad kepada Pendeta kenalannya dan mengetahui bahwa suaminya adalah utusan tuhan yang terakhir setelah Almasih yang di ceritakan di injil (zaman dahulu) yang bernama Ahmad.

(Dikutip dari berbagai sumber)

1, id.wikipedia.org
2, MUHAMMAD HUSAIN HAEKAL
3, Ijtihad


dari ringkasan tersebut dapat kita ambil spiritnya bahwa:


Pertolongan Allah sangatlah dekat dengan hambanya.
Sesuatu yang tak terlihat bukan berarti sesuatu itu tak ada.
Keteguhan iman seseorang akan lahir dari proses pencarian pengetahuan.
Muhammad adalah manusia biasa yang memikirkan keadaan masyarakatnya.
Sebuah kebenaran takkan berkurang nilainya walaupun semua orang mengingkarinya.
Salah satu faktor kemenangan Muhammad adalah dengan kekuatan Ekonomi dan Diplomasi.


Semua Kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari diri saya sendiri,
Semoga Bermanfaat. 0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......