Akses D-Link IP Camera via jaringan 3G

Sekarang ini saya akan membahas bagaimana caranya akses D-Link IP Camera melalui Handphone (via jaringan 3G tentunya, karena bila menggunakan GPRS, pelan sekali speed-nya).

Seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa tipe IP Camera D-Link yang support 3GPP dan RTSP diantaranya DCS-2120, DCS-2102*, DCS-2121*, DCS-3410*, DCS-3415*, DCS-3110*, DCS-5220, DCS-5610*, dan DCS-6110* (*tipe terbaru). Bila ingin informasi lebih detil mengenai IP Camera kami silahkan menghubungi kami atau klik disini.

Pada Howto kali ini saya menggunakan DIR-655 sebagai Wireless Router dan untuk IP Camera, saya menggunakan DCS-5220. Koneksi internet saya menggunakan Biznet MetroNet 2 Mbps.

Layout dalam Howto kali ini adalah spt gambar dibawah :





DIR-655 (dalam Howto ini menggunakan firmware versi 1.21WW) :

WAN IP : PPPoE

LAN IP : 192.168.10.1 (saya ganti dari defaultnya yang 192.168.0.1)

Wireless : Saya gunakan enkripsi WPA-PSK

DHCP Server : Assign static DHCP untuk DCS-5220 :



Virtual Server :



Untuk port http, saya ubah ke port 8889 untuk Public Port, sedangkan untuk Private Port tetap menggunakan port 80. Sementara untuk RTSP, saya tetap menggunakan port default yaitu 554 baik Public maupun Private. Port RTSP ini lah yang digunakan oleh mobile phone untuk melakukan streaming. Lebih jelas mengenai RTSP bisa buka disini.

Kalau masih bingung mengenai Public and Private Port, klik disini

Bila WAN IP didapat Dynamic Public IP maka bisa setting Dynamic DNS, klik disini. Pada contoh ini, saya menggunakan Dynamic DNS dan hostname yang saya gunakan : dlink-id.dlinkddns.com


DCS-5220 (dalam Howto ini menggunakan firmware versi 1.04) :

IP : Saya set Dynamic, namun pada DIR-655, kita assign DHCP Static untuk DCS-5220 ini, jadi IP-nya akan selalu sama.



Port Setting, disini saya menon-aktifkan RTSP Authentication karena tidak semua RTSP client pada mobile phone mendukung RTSP Authentication.



Lalu set Wireless di DCS-5220 agar dapat join dengan DIR-655 :



Sebelum kita buka dengan mobile phone, kita coba test dulu buka dengan http untuk memastikan Camera dalam keadaan baik dan memastikan virtual server pada router juga bekerja dengan baik :



Setelah semuanya berjalan dengan baik, kita dapat mengakses-nya melalui mobile phone. Pada contoh kali saya menggunakan Sony Ericsson K800i (D-Link tidak ada kepentingan sales/marketing apapun dengan Sony Ericsson, hanya sbg contoh saja). Bila ingin menggunakan mobile phone merek lain misalnya Nokia, Samsung, Motorola, dll, silahkan konsultasi dengan user manual masing-masing merek, apakah sudah support RTSP atau belum. Langkah2nya :

1. Buka menu SE K800i lalu pilih menu Internet



2. Setelah masuk ke menu Internet, pilih More, lalu pilih Go to



3. Pada menu Go to, pilih Enter address



4. Lalu ketik addressnya dengan format rtsp://alamat URL-nya/access name for mobile viewing (lihat pada bagian Port Detail Setting), dalam contoh ini URL-nya adalah rtsp://dlink-id.dlinkddns.com/ep-live.3gp



5. Setelah itu tunggu sampai terkoneksi dan status Connected



6. Setelah terkoneksi maka akan muncul live streaming-nya :

2 komentar:

  1. kalo bisa tambahin foto hardwarenya jg gan
    biar pembaca yg newbie kyak ane bs lbh ngerti
    :)

    misalnya hardwarenya apa saja
    trus dilengkapi dengan foto masing" hardware

    tp info ny bagus bgt gan
    mksh sblmnya

    BalasHapus
  2. Thx a lot... Agan isa lihat hardwarenya dengan mengklik link yang di artikel di atas.

    BalasHapus

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......