Translate

Cara Mensharing Koneksi Speedy


Speedy adalah salah satu jenis koneksi internet yang cukup banyak penggunanya saat ini, dan salah satu provider yang support dengan fasilitas security sistem baik untuk CCTV monitoring atau Alarm Security atau Fire Alarm, hal ini karena kestabilan dan kecepatannya yang cukup memadai untuk pengguna Internet. walaupun disana-sini masih ada juga yang komplain soal ketidak stabilan dan betapa leletnya koneksi Speedy ini. Dengan kecepatan up-to 384 kbps, maka koneksi Speedy ini bisa kita gunakan bersama beberapa komputer sekaligus, atau biasa disebut sharing koneksi.


Bagi yang punya kelebihan uang bisa saja membeli router atau sejenisnya untuk melakukan sharing koneksi internet ini, tapi bagi yang ingin memaksimalkan apa yang kita punya, maka bisa saja koneksi internet Speedy ini disharing langsung dengan melalui CPU, kemudian bisa kita jadi server, cukup dengan sedikit mengutak-atik beberapa option dalam windows XP dan IP jaringan yang ada.

Langkah pertama:

Siapkan dua buah LAN card, satu untuk koneksi Speedynya, satu lagi untuk jaringan lokalnya. Install kedua LAN card tersebut, dan beri nama masing-masing LAN card, agar tidak membingungkan ketika kita mengutak-atik IPnya. Misalnya, kita bisa memberikan nama SPEEDY untuk koneksi speedynya, dan LOKAL untuk jaringan keluar menuju clientnya.


Langkah kedua

Buka properties koneksi SPEEDY-nya, klik tab ADVANCED, dan akifkan option INTERNET CONNECTION SHARING, dengan memberikan tanda checklist. Catat IP Address, Subnet Mask, Default Gateway, Prefered DNS Server dan Alternate DNS Server yang diberikan oleh Telkom pada koneksi SPEEDY.


Langkah ketiga

Buka properties koneksi LOKAL, dan isikan IP Adress yang sesuai dengan subnet yang berbeda subnet dengan yang terdapat dalam IP Address koneksi SPEEDY, Subnet mask akan terisi sendiri, Default Gateway sesuaikan dengan IP Adress koneksi lokal. Sedangkan Prefered DNS Server dan Alternate DNS Server, diisi sesuai dengan yang diberikan Telkom, yang terdapat dalam Koneksi SPEEDY, Misalnya sebagi berikut :

LAN 1 untuk Koneksi SPEEDY :

* IP Address : 192.168.1.101
* Subnet Mask : 255.255.255.0
* Default Gateway : 192.168.1.1 (atau bisa dibiarkan kosong)
* Prefered DNS Server : 202.134.1.155
* Alternate DNS Server : 202.134.1.10

LAN 2 untuk koneksi LOKAL :

* IP Address : 192.168.1.1
* Subnet Mask : 255.255.255.0
* Default Gateway : 192.168.1.1
* Prefered DNS Server : 202.134.1.155
* Alternate DNS Server : 202.134.1.10


Langkah keempat

Siapkan CPU client yang sudah dilengkapi LAN card, kemudian mulailah untuk melakukan setting koneksinya dengan membuka properties pada koneksi LAn yang tersedia. Isikan IP address dan seterusnya sesuai dengan Koneksi LOKAL yang telah dibuat pada CPU server, misalnya :

* IP Address : 192.168.1.XXX
* Subnet Mask : 255.255.255.0
* Default Gateway : 192.168.1.1
* Prefered DNS Server : 202.134.1.155
* Alternate DNS Server : 202.134.1.10
0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......