CARA CRIMPING KABEL UTP dan Connector RJ-45

Kabel UTP (Unshielded twisted-pair) terdiri dari dua jenis, yaitu Straight dan Cross, kabel UTP (UTP cable) merupakan perangkat keras komputer berupa kabel yang digunakan sebagai sebagai penghubung atau transmisi data pada sebuah jaringan.[1] Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga, yang tidak dilengkapi dengan pelindung (shield) internal. 

UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik. Kabel UTP memiliki impendansi kira-kira 100 Ohm dan tersedia dalam beberapa kategori yang ditentukan dari kemampuan transmisi data yang dimilikinya.

TENTUKAN FUNGSINYA

Susun dari kiri ke kanan dari pin 1 ke pin 8, selalu posisikan pengait connector RJ-45 dibawah

Untuk membuat kabel Straight, susunan warna yang digunakan adalah :

Sususan warna pada ujung 1 = 

Pin 1 = Putih Orange, 

Pin 2 = Orange, 

Pin 3 = Putih Hijau, 

Pin 4 = Biru, 

Pin 5 = Putih Biru, 

Pin 6 = Hijau, 

Pin 7 = Putih Coklat, 

Pin 8 = Coklat.

Sususan warna pada ujung 2  = Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat (sama dengan ujung 1)


Untuk membuat kabel Cross, susunan warna yang digunakan adalah :

Susunan warna pada ujung 1 = Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat

Susunan warna pada ujung 2 yaitu = Putih Hijau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru, Orange, Putih Coklat, Coklat


SIAPKAN ALATNYA


1. Tang Crimping

2. LAN Tester

3. Gunting

4. Pisau Kupas Kabel


LANGKAH LANGKAH CRIMPING KABEL STRAIGHT DAN CROSS.

1. Kupas kulit kabel selebar 2 cm.


2. Susun rapi delapan kabel yang terdapat didalam sesuai dengan gambar dan penjelasan diatas.

3. Luruskan kabel yang masih kusut.


4. Ratakan ujung kabel dengan memotong nya menggunakan tang crimping.



5. Setelah yakin urutan warna benar dan ujung kabel sudah rata, masukan kabel kedalam konektor RJ45, pastikan ujung kabel menyentuh ujung RJ-45, dan jepitlah menggunakan Tang Crimping.


6. Setelah menyelesaikan kedua ujung kabel, uji menggunakan Lan tester, jika semua lampu menyala, berarti kabel tersebut telah di crimping dengan benar dan bisa digunakan. Untuk menyambung kabel UTP ke konektor RJ-45 terdapat dua tipe penyambungan, yaitu straight dan cross, di mana keduanya memiliki fungsi yang berbeda. 


Pengkabelan dengan cara straight digunakan untuk menyambungkan PC dengan hub/switch sedangkan pengkabelan dengan cara cross digunakan untuk menghubungkan pc ke pc langsung tanpa hub/switch atau menghubungkan hub/switch dengan hub/switch. 




0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......