Mikrokontroler Arduino

Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input-output. 

Mikrokontroler adalah salah satu dari bagian dasar dari suatu sistem komputer. Meskipun mempunyai bentuk yang jauh lebih kecil dari suatu komputer pribadi dan komputer mainframe, mikrokontroler dibangun dari elemen-elemen dasar yang smaa. Secara sederhana, komputer akan menghasilkan output spesifik berdasarkan inputan yang diterima dan program yang dikerjakan.
Pada buku yang di tulis oleh Muhammad Syahwil, mikrokontroler adalah alat yang mengerjakan intruksi yang diberikan kepadanya. Artinya, bagian terpenting dan utama dari suatu sistem terkomputerisasi adalah program itu sendrir yang dibuat oleh seorang programmer. 

Dengan kata lain, mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus secara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data. Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektivitas biaya.


Perkembangan Mikrokontroler
Mikrokontroler pertama kali dikenalkan oleh Texas Instrument dengan seri TMS 1000 pada tahun 1974 yang merupakan mikrokontroler 4 bit pertama. Mikrokontroler ini mulai dibuat sejak 1971. Merupakan mikrokomputer dalam sebuah chip, lengkap dengan RAM dan ROM. 

Kemudian, pada tahun 1976 Intel mengeluarkan mikrokontroler yang kelak menjadi populer dengan nama 8748 yang merupakan mikrokontroler 8 bit, yang merupakan mikrokontroler dari keluarga MCS 48. Saat ini mikrokontroler yang banyak beredar di pasaran adalah mikrokontroler 8 bit varian keluarga MCS51 (CISC) yang dikeluarkan oleh Atmel dengan seri AT89sxx, dan mikrokontroler AVR yang merupakan mikrokontroler RISC dengan seri ATMEGA8535 (walaupun varian dari mikrokontroler AVR sangatlah banyak, dengan masing-masing memiliki fitur yang berbeda-beda). 

Dengan mikrokontroler tersebut pengguna (pemula) sudah bisa membuat sebuah sistem untuk keprluan sehari-hari, seperti pengendali peralatan rumah tangga jarak jauh yang menggunakan remote control televisi, radio frekuensi, maupun menggunakan ponsel, membuat jam digital, termometer digital, dan sebagainya.

Arduino terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak, perangkat keras Arduino merupakan sebuah board atau papan IC yang telah dilengkapi dengan mikrokontroler dan juga pin I/O sebagai penguhubung antara masukan dan keluaran. dan perangkat lunak Arduino adalah Arduino IDE yang berfungsi untuk memprogram mikrokontroler dengan mengontrol antara masukan dan keluaran. 

Bahasa pemrograman pada Arduino IDE adalah Bahasa C yang telah disederhanakan sehingga lebih mudah untuk digunakan. Arduino Mega 2560 R3 merupakan board Arduino yang telah dilengkapi dengan chip mikrokontroller ATmega 2560. Memiliki 54 pin digital input/output (14 pin digunakan sebagai output PWM), 16 pin input analog, 4 pin UART (serial port hardware), 16Mhz crystal oscillator, koneksi port usb, power jack  DC, ICSP header, dan tombol reset.

Sejarah singkat Arduino
Pembuatan arduino dibuat pada tahun 2005, dimana sebuah situs perusahaan computer Olivetti di Ivrea Italia, membuat perangkat untuk mengendalikan proyek desain interaksi siswa supaya lebih murah di bandingkan sistem yang ada pada saat itu.

Pendiri dari arduino itu sendiri adalah Massimo Banzi dan David Cuartielles sebagai founder.  Mereka memberi nama proyek tersebut Arduin, seiring dengan perkembangan zaman, nama proyek itu di ubah menjadi Arduino yang berararti “teman yang kuat”. Proyek pengkabelan diciptakan oleh seniman sekaligus programmer asal Kolombia bernama Hernando Barragan. Pengkabelan ini adalah proyek tesis Hernando pada Desain Interaksi Institute Ivrea. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjadi versi elektronik pengolahan yang digunakan dilingkungan pemrograman.

Arduino menjadi sangat popular dikalangan mahasiswa dan pelajar saat ini. Mereka mengembangkan Arduino dengan bootloader dan software yang user friendly sehingga menghasilkan sebuah board mikrokontroler yang bersifat open source yang bisa dipelajari dan di kembangkan oleh semua kalangan penggemar elektronika maupun robotic. IDE (integrated Development Environment) diciptakan oleh Casey Reas dan Ben Fry, beberapa programmer yang lain juga terlihat seperti Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambett.


0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......