Menghapus File Sampah pada Ponsel Android

Bersumber dari Freecodecamp, cache adalah proses penyimpanan sementara data untuk mengurangi proses loading atau muat suatu website atau aplikasi. Sederhananya, cache adalah hal yang akan membantu dalam menampilkan halaman situs dan aplikasi secara lebih cepat. Seperti saat kamu berkunjung ke suatu pusat perbelanjaan yang baru buka, kamu tentu akan kesulitan saat mencari suatu barang.

Setelah berkeliling, kemudian kamu paham barang tersebut diletakan di rak bagian mana. Ketika kamu berkunjung kembali, kamu tak perlu berputar-putar untuk mendapatkan suatu barang karena sudah tahu di mana letaknya. Inilah yang terjadi pada cache. Tanpa adanya cache, proses menampilkan halaman website dan mengakses aplikasi bisa memakan waktu lama. Oleh karena itu, banyak website yang menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan pengalaman penggunaanya.

Lalu, apa saja fungsi dan manfaat dari cache? Melansir dari Amazon, berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat cache. mempercepat loading gambar atau thumbnail yang ada di website atau aplikasi memungkinkan user untuk mengakses website lebih cepat dari browser-nya, meningkatkan dan menstabilkan performa aplikasi atau website, mengurangi beban di bagian back-end, mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk database sebuah website atau aplikasi, Ketika cache dihapus, data atau informasi yang terdapat dalam sebuah aplikasi atau website akan turut terhapus. Sehingga, ketika user ingin kembali mengunjungi website atau membuka suatu aplikasi, ia akan butuh waktu yang lebih lama.

Dalam banyak kasus, cache kerap dianggap sebagai penyebab dari lambatnya kinerja suatu device, baik smartphone ataupun komputer. Dari hal ini, banyak yang menyarankan untuk rutin menghapusnya agar mempercepat kinerja device tersebut. Menurut Android Police sendiri, memang disarankan untuk sesekali menghapusnya. Pasalnya, semakin sering kita menggunakan aplikasi atau mengunjungi situs, maka akan semakin banyak data dalam bentuk cache yang disimpan. 

Banyaknya data ini tentu akan memberatkan kinerja dan memenuhi kapasitas penyimpanan. Namun, Android Police juga tidak menyarankan untuk menghapusnya terlalu sering. Pasalnya, aplikasi atau situs akan lebih lama untuk diakses.
Cache dalam Android dibagi menjadi beberapa extension, yaitu :
.MIUI (Khusus untuk merk xiaoMI)
.WEB
.PNG
.THUMB
.APK
.CNT
.CY
.GIF
.XML

Anda hanya perlu pergi ke aplikasi File Manager, kemudian pastikan Menu Tampilan Berkas Tersembunyi Enable / On anda bisa cek di Setelan File Manager. Anda perlu search dengan kata kunci extension cache diatas kemudian hapus semua file-file tersebut secara manual.

Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......