Berapa Banyak Perangkat yang Dapat Terhubung ke Satu Router Nirkabel?

Cara Memaksimalkan Potensi Jaringan Anda Komputer dan perangkat lain di jaringan berbagi kapasitas sumber daya yang terbatas, dan hal ini berlaku untuk jaringan kabel dan nirkabel (Wi-Fi). Saat Anda menghubungkan laptop, beberapa PC, dan beberapa ponsel cerdas ke jaringan Anda, akan lebih sulit untuk melakukan streaming Netflix atau Hulu di TV Anda. Hal ini karena semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, maka dibutuhkan lebih banyak bandwidth . Router menentukan di mana kapasitas dibutuhkan dan di mana kapasitas paling sering digunakan. Ia kemudian menariknya tanpa pandang bulu untuk menjaga semua perangkat tetap bekerja pada tingkat tertentu.


Berapa Banyak Perangkat yang Dapat Terhubung ke Router?

Sebagian besar jaringan rumah dan hotspot Wi-Fi publik berfungsi dengan satu titik akses nirkabel (router broadband untuk jaringan rumah). Sebaliknya, jaringan komputer bisnis memasang beberapa titik akses untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabelnya ke area fisik yang lebih besar. Setiap titik akses memiliki batasan jumlah koneksi dan jumlah beban jaringan yang dapat ditanganinya. Dengan mengintegrasikan beberapa titik akses ke dalam jaringan yang lebih besar, skala keseluruhannya meningkat.


Batasan Teoritis Penskalaan Jaringan Wi-Fi

Banyak router nirkabel individual dan titik akses lainnya dapat mendukung hingga sekitar 250 perangkat yang terhubung. Dari perspektif kabel, router dapat menampung sejumlah kecil (biasanya antara satu dan empat) klien Ethernet kabel dan sisanya terhubung melalui nirkabel. Peringkat kecepatan titik akses mewakili bandwidth jaringan teoritis maksimum yang dapat didukung oleh masing-masing titik akses. Router Wi-Fi dengan kecepatan 300 Mbps dengan 100 perangkat terhubung, misalnya, hanya dapat menawarkan rata-rata 3 Mbps untuk masing-masing perangkat (300/100=3).


Jika Anda tidak yakin apa yang dapat didukung oleh router Anda, lakukan pencarian web untuk nomor modelnya, dan Anda akan dapat menemukannya. Kebanyakan orang hanya menggunakan koneksi jaringan mereka sesekali, dan router mengalihkan bandwidth yang tersedia ke perangkat yang membutuhkannya. Pergeseran tersebut bergantung pada kebutuhan perangkat tertentu pada waktu tertentu.


Batasan Praktis Penskalaan Jaringan Wi-Fi

Kebanyakan orang tidak memiliki jumlah perangkat maksimum yang dapat ditampung oleh router pada umumnya. Itu hal yang baik, karena menghubungkan 250 perangkat ke satu titik akses Wi-Fi, meskipun secara teori memungkinkan, namun tidak dapat dilakukan karena beberapa alasan. Di jaringan rumah, semua perangkat biasanya berbagi satu koneksi internet. Performanya menurun karena semakin banyak perangkat yang bergabung ke jaringan dan menggunakannya secara bersamaan. Bahkan beberapa perangkat aktif yang melakukan streaming video atau mengunduh file dapat dengan cepat memaksimalkan tautan internet bersama.


Titik akses menjadi terlalu panas dan berhenti bekerja ketika beroperasi pada beban ekstrem dalam waktu lama, meskipun hanya menangani lalu lintas lokal dan tidak mengakses internet. Sejumlah besar perangkat Wi-Fi yang terkonsentrasi dalam jarak dekat, seperti rumah atau gedung kantor, menghasilkan gangguan sinyal nirkabel. Interferensi frekuensi radio di antara perangkat Wi-Fi menurunkan kinerja jaringan (karena seringnya pesan disiarkan ulang namun gagal mencapai tujuannya) dan pada akhirnya menyebabkan terputusnya koneksi.


Beberapa router rumah menyertakan fitur yang memungkinkan administrator mengontrol jumlah klien yang dapat terhubung secara bersamaan. Banyak router Linksys, misalnya, menetapkan maksimum default 50 perangkat. Dari perspektif kabel, router dapat menampung sejumlah kecil (biasanya antara satu dan empat) klien Ethernet kabel dan sisanya terhubung melalui nirkabel.


Cara Memaksimalkan Potensi Jaringan Anda

Memasang router atau titik akses kedua di jaringan rumah dapat membantu mendistribusikan beban jaringan. Dengan menambahkan lebih banyak titik akses ke jaringan, sejumlah perangkat dapat didukung. Namun, hal ini membuat jaringan semakin sulit untuk dikelola. Hal lain yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki satu atau lebih router yang mendukung banyak perangkat adalah meningkatkan bandwidth yang tersedia untuk setiap perangkat yang terhubung secara bersamaan dengan meningkatkan langganan Anda ke ISP Anda. Misalnya, jika perangkat jaringan dan langganan internet Anda diunduh dengan kecepatan 1 Gbps, menghubungkan 50 perangkat sekaligus memungkinkan setiap perangkat mengonsumsi hingga 20 megabit data per detik.


Beberapa orang menggunakan jaringan mesh untuk meningkatkan jangkauan jaringan nirkabel di rumah mereka. Jaringan-jaringan ini memberikan jangkauan yang lebih baik karena terdiri dari router-router yang saling bertautan yang menyediakan jangkauan internet di area yang luas, yang tidak dapat ditawarkan oleh sebagian besar jaringan router tunggal tradisional.

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......