Manfaat Mengetahui Kepribadian DiSC Untuk Pengembangan Diri


MANFAAT MENGETAHUI KEPRIBDIAN UNTUK PENGEMBANGAN DIRI


1. Mengidentifikasi apa yang kamu suka dan tidak suka

Mungkin kamu selalu benci berbicara di telepon tapi gak pernah bener-bener ngerti kenapa. Atau mungkin kamu selalu membutuhkan sedikit waktu ekstra untuk memikirkan masalah sebelum mengambil keputusan. Dengan belajar lebih banyak tentang di mana kamu berada pada kontinum ekstroversi / introversi dan thinking/feeling , mungkin kamu bisa lebih memahami mengapa kamu lebih suka hal-hal tertentu dan tidak menyukai yang lain. Ini bisa berguna ketika kamu mencoba untuk membuat keputusan penting yang mungkin berdampak pada jalan hidup kamu, misalnya seperti memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan dan profesi yang selaras dengan preferensi pribadi kamu mungkin berarti bahwa kamu akhirnya menjadi lebih bahagia dan lebih puas dengan pilihan dan pekerjaan kamu dalam jangka panjang.


2. Bisa tau kekuatan maupun kelemahan diri sendiri
Mengetahui apa yang kamu kuasai bisa menjadi penting dalam berbagai situasi, apakah kamu memilih mata kuliah perguruan tinggi atau berpikir untuk melamar pekerjaan di kantor dekat rumahmu. Sebagai contoh, jika kamu tahu bahwa kamu adalah seorang ISTJ (introvert, sensing, thinking, judging), mungkin kamu menyadari bahwa aspek-aspek tertentu dari kepribadianmu mungkin memenuhi syarat sebagai kekuatan dalam beberapa situasi dan kelemahan pada yang lain. Sementara keterampilan organisasi kamu yang kuat dan kepribadian yang berorientasi pada detail dapat menjadi kekuatan utama dalam pekerjaan, terkadang hal itu dapat membuat kamu tersandung dalam situasi di mana kamu perlu membiarkan orang lain mengambil kendali.

3. Memilih hal terbaik mana yang dapat kamu lakukan
Mempelajari lebih lanjut tentang tipe kepribadian juga dapat membantu kamu dalam menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah loh. Jika kamu menemukan bahwa kamu cenderung introvert, kamu mungkin berhati-hati di masa depan untuk memberi diri kamu banyak waktu untuk merasa nyaman sebelum kamu memperkenalkan diri kepada rekan kerja baru.

SCAN QR UNTUK TES DiSC ONLINE, GRATIS

Model DiSC tidak bertujuan untuk melabeli orang tetapi untuk membantu memahami dan menghargai perbedaan individu. Ini sering digunakan dalam konteks pengembangan profesional, manajemen tim, komunikasi, dan pelatihan kepemimpinan untuk meningkatkan kerjasama dan efektivitas komunikasi antar anggota tim. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi lingkungan kerja yang lebih harmonis dan produktif di mana setiap individu dapat berkontribusi berdasarkan kekuatan unik mereka.


DiSC adalah model psikologi perilaku yang digunakan untuk membantu memahami perilaku dan gaya komunikasi orang lain. Model ini berfokus pada empat dimensi utama perilaku dan kepribadian yang dikenal dengan akronim “DiSC,” yang meliputi:


Dominance (Dominasi) – Orang-orang yang menunjukkan tingkat dominasi yang tinggi biasanya sangat fokus pada pencapaian hasil dan menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi. Mereka cenderung lebih suka mengendalikan situasi dan mengambil keputusan dengan cepat.

Influence (Pengaruh) – Individu dengan tinggi di area ini biasanya sangat persuasif, antusias, dan optimis. Mereka pandai dalam membangun hubungan dan sering kali menjadi motivator yang baik dalam sebuah tim.

Steadiness (Kestabilan) – Orang dengan skor tinggi dalam kestabilan cenderung sangat sabar, dapat diandalkan, dan kooperatif. Mereka biasanya mencari konsistensi dan stabilitas dan merasa nyaman dalam situasi yang konsisten dan terstruktur.

Conscientiousness (Ketelitian) – Individu yang menunjukkan tingkat ketelitian yang tinggi cenderung fokus pada detail, akurasi, dan kualitas. Mereka sangat sistematis dan terorganisir serta mementingkan keakuratan dan keadilan.


Semoga Bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......