Translate

Settingan perangkat keras untuk membuat multi monitor

Berikut perangkat keras untuk membuat multi monitor:

1. Kartu grafis/ VGA

minimal harus mempunyai 2 port untuk 2 monitor dan biasanya ada 2 jenis umum yang ditawarkan kartu grafis:

a. 1x tipe Analog dan 1x tipe DVI (Digital Video Interface)
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_setting_04.jpg

Jika kartu grafis yang anda miliki adalah tipe yang ke-2 (2x DVI) maka tidak ada masalah dan tidak perlu membeli DVI to VGA Adapter.

2. DVI to VGA Adapter

Adaptor ini digunakan bila kartu grafis yang anda miliki mempunyai 2 jenis port yang berbeda yaitu analog dan DVI dan juga monitor yang dimiliki mempunyai jenis koneksi yang berbeda.
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_setting_05.jpg

Yang perlu anda lakukan adalah menyambungkan port dari monitor ke adaptor ini, kemudian dari adaptor ini baru disambungkan ke kartu grafis.
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_setting_06.jpg

3. 2 buah Monitor LCD/ CRT/ gabungan keduanya

Jenis monitor yang ada saat ini mempunyai 2 jenis port yaitu analog (tipe lama) dan DVI (untuk monitor keluaran terbaru). Jika anda memustuskan untuk membeli monitor kedua, sebaiknya anda bisa beli yang jenis DVI walaupun harga sedikit mahal tetapi kualitasnya lebih baik.

http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_17.jpg

Semua perangkat yang dibutuhkan sudah siap dan yang perlu anda lakukan adalah memasang semuanya itu menjadi satu kesatuan.

- Matikan komputer terlebih dahulu

- Sambungkan dua monitor tersebut ke kartu grafis, gunakan adapter DVI to VGA bila dibutuhkan (menggunakan 2 jenis koneksi, Analog dan DVI).

- Pastikan anda mengunci port tersebut dengan baik sehingga tidak akan terlepas suatu saat.

- Selesai, mudah kan??
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_setting_07.jpg

Sekarang yang perlu anda lakukan adalah menyalakan komputer anda kembali dan mengecek apakah kedua monitor tersebut sudah masuk ke dalam sistim.

Untuk pengecekan bisa dilakukan di Control Panel, klik Display dan lihat pada bagian Setting, seharusnya ada 2 buah monitor yang aktif pada bagian ini.

http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_16.jpg

Tahap selanjutnya adalah melakukan setting pada software bawaan kartu grafis, dalam contoh ini yang digunakan menggunakan Nvidia Control Panel

Sebenarnya banyak setting yang bisa dilakukan tetapi kami akan mengambil yang paling penting yaitu setting untuk dasar multi monitor, resolusi, posisi Display



Set Up Multiple Displays

Pada tahap ini, anda bisa menentukan monitor mana yang akan digunakan sebagai monitor utama (dengan windows tasks di dalamnya).

Disini anda juga bisa mengatur mengenai tampilan monitor, apakah kedua monitor akan menampilkan aplikasi yang sama (The same on Both Displays/ Clone), 2 monitor menjadi satu kesatuan secara horisontal (as one large horizontal desktop), 2 monitor menjadi satu kesatuan secara vertikal (as one large vertical desktop) atau menset kedua monitor secara terpisah (DualView).
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_13.jpg

Contoh 2 monitor menjadi satu kesatuan secara horisontal
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_setting_02.jpg

Contoh menset kedua monitor secara terpisah (DualView)
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_setting_03.jpg

Change Resolution

Setting yang satu ini adalah untuk melakukan set resolusi yang ada di monitor yang biasanya disesuaikan dengan ukuran monitor (misal 17 inch, biasanya menggunakan 1280×1024 pixel). Disini anda bisa melakukan setting yang berbeda untuk masing-masing monitor sesuai dengan kebutuhan.

http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_11.jpg

Rotate Display

Setting ini berguna bila anda mempunyai monitor yang bisa digunakan baik secara horisontal maupun vertikal.
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_12.jpg

Setting untuk tampilan wallpaper DualView

Seperti pada artikel kami tentang sudah mulai banyaknya wallpaper untuk 2 monitor atau lebih, untuk menampilkan wallpaper secara bersambung antara satu monitor dengan yang lainnya, cukup pilih TILE pada kolom Position.
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2008/12/dual_monitor_15.jpg 0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......