Translate

Mengatasi Kebiasaan Mendengkur



Banyak orang saat tidur mendengkur. Kebiasaan ini kerap kali membuat orang lain yang ada di sekitarnya terganggu.
Jika anda mempunyai kebiasaan ini tak perlu cemas, atasi dengan resep sederhana berikut ini : ambil 2 ruas kunyit, cuci bersih, memarkan hingga pipih, masukkan kedalam gelas, beri sedikit air hangat masukkan 2 sendok madu, aduk hingga rata, minumlah. Lakukan hal ini selama seminggu berturut turut, jika anda melakukan dengan tekun, niscaya kebiasaan mengorok akan hilang.
Anda mendengkur saat tidur? Sebaiknya waspada karena selain mengganggu pasangan tidur, kebiasaan ini ternyata juga bisa mengganggu kesehatan. Berbahaya bila seseorang sudah menderita Obstructive Sleep Apnea/Hypopnea Syndrome (OSAHS) karena dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Tapi jangan khawatir karena ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi dengkuran. Caranya terbagi menjadi dua, yakni nonbedah dan bedah. Di bawah ini yang termasuk non-bedah adalah:

1. Perubahan Tingkah Laku
Yang dimaksud dengan perubahan tingkah laku adalah perubahan gaya hidup. Hal ini gampang-gampang susah untuk dilakukan. Di antaranya:
• Menurunkan berat badan
Apabila berat badan Anda naik, lalu menjadi mendengkur saat tidur, maka solusi termudah adalah mengurangi berat badan dua hingga lima kilogram.

• Hindari alkohol, makan berlebihan atau snack alias makanan ringan empat jam sebelum tidur
Alkohol dapat meningkatkan relaksasi dari otot palatum (langit-langit mulut), lidah, leher, dan faring. Semakin otot ini berelaksasi, maka jalan napas akan semakin kolaps atau mengecil dan getaran dari jaringan akan semakin hebat. Hal ini akan meningkatkan dengkuran.

• Hindari obat penenang (dampaknya sama dengan alkohol)
• Berhenti merokok
• Posisi tidur miring lebih baik daripada telentang

2. Menggunakan Dental Devices

Alat yang digunakan di rongga mulut ini menarik rahang bawah dan lidah bersamaan sehingga mencegah lidah tidak jatuh ke belakang. Alat ini dapat mengurangi dengkuran 70 hingga 90 persen kasus. Namun alat ini harus digunakan setiap malam dan dapat mengakibatkan gangguan temporomandibular joint (TMJ), produksi saliva berlebih, juga harganya yang cukup mahal. Dental devices direkomendasikan pada mereka yang mendengkur primer atau OSAHS ringan.

3. Nasal Devices
Alat ini digunakan pada mendengkur yang disebabkan lubang hidung sempit. Apabila mukosa hidung membengkak karena alergi atau infeksi, semprotan atau irigasi hidung dapat membantu meredakan peradangan.

4. Continuous Positive Airway Pressure Hidung
CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure adalah alat yang umum digunakan bagi penderita OSAHS. Alat ini bekerja dengan mempertahankan peningkatan tekanan udara. Gunanya mencegah saluran napas menyempit akibat menarik dan mengeluarkan napas. Alat ini menggunakan masker yang disambungkan dengan pompa untuk menjaga tekanan udara.

Tentu saja cara termudah yang dapat dilakukan adalah perubahan tingkah laku. Namun apabila hal tersebut tidak membantu maka dapat beralih ke langkah-langkah selanjutnya dengan petunjuk dokter. Tindakan bedah akah dipilih bila dengkuran sudah amat parah atau orang tersebut menderita OSAHS.(YNI/ANS/KlikDokter)
Hirup uapnya. Pergi sauna atau steam bisa mengurangi dengkur –terutama jika hidung Anda sedang pilek. Cara sederhana? Celupkan handuk ke air panas, lalu hirup uap yang keluar. Mudah dan murah….

Obat penyemprot hidung. Obat nasal bisa membuat lubang hidung terbuka lebar. Artinya jalur napas Anda bebas sumbatan, plus bebas dengkuran.

Cara konyol. Karena dengkur biasanya diakibatkan gaya yang salah (baca: terlentang), maka gunakan kaos atau kemeja bersaku dan pakai secara terbalik –bagian depan dipakai di belakang. Lalu, masukkan bola golf atau tenis ke kantong itu. Jadi, setiap kali Anda berbalik terlentang, punggung Anda akan terganjal bola –membuat Anda benci posisi itu. 0 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan klik "Sitemap" dan daftarkan email anda di menu "Subscribe", Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik "SKIP AD" kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......