Step By Step Pembuatan Hostname pada DynDNS

DDNS (Dynamic Domain Name Server) adalah suatu cara untuk mentranslasikan IP Address Public yang berubah-ubah (dynamic) menjadi suatu nama yang mudah diingat yaitu hostname. Salah satu contoh hostname adalah kejaksaanpati.dvrdns.org. Dengan hostname, orang akan lebih mudah untuk menghapal suatu alamat service (web site, alamat dvr, dll).


Hostname yang akan kita buat disini ditujukan untuk koneksi akses DVR via internet dengan IP Address yang selalu berubah-ubah (contoh: paket speedy personal). Untuk koneksi internet (apapun providernya) dengan fixed IP (IP Static) disarankan tetap menggunakan IP Address agar koneksi lebih cepat.


Untuk mengelola suatu hostname DVR tidaklah mudah. Karena tidak sepenuhnya pihak ketiga menyediakan service hostname secara full gratis. Untuk dyndns dibatasi hanya 5 hostname. Supaya mudah, maka dibuat satu hostname dengan 1 account dyndns. Adapun secara garis besar pembuatan hostname pada dyndns adalah sebagai berikut:
Membuat account email (disarankan gmail).
Membuat account dyndns.
Mendefinisikan hostname pada dyndns.


A.Buat account email dulu, disarankan gmail.

1.Pada browser buka gmail.google.com.

2.Klik Create an account, isi dan ikuti langkah-langkah seterusnya sampai account berhasil dibuat.


B.Lanjutkan dengan membuat account dyndns.

1.Pada browser buka www.dyndns.org atau www.dyndns.com.

2.Pada bagian bawah login, klik create account.

3.Isi dan ikuti langkah-langkah berikutnya sampai account berhasil dibuat.

4.Buka kembali email account kita (mis. contoh.sajah@gmail.com), akan ada email konfirmasi dari dyndns.

Buka email tersebut dan klik hyperlink yang ada pada email tsb, secara otomatis akan langsung dibuka website dyndns.org.

5.Login menggunakan account yang baru saja kita buat.


6.Setelah Login pilih Dynamic DNS, Klik Manage Host,dan pilih yang free/premium

7.Akan ada halaman Host Services, Klik Add New Hostname.

8.Isi seperti gambar dibawah, klik create host → Payment → Activate Services.

9.Lihat petunjuknya , hingga hostname berhasil dibuat.

10.Logout

11.Klik Start →Run, ketikan cmd tekan enter.

12.Pada command prompt ketikan ping hostname yang telah kita buat, jika replay berarti hostname dapat digunakan.


4 komentar:

  1. kurang jelas om...but thx 4 sharing...

    BalasHapus
  2. saya sudah buat revisinya

    http://jumplang.blogspot.com/2010/05/configurasi-dvr-dengan-dyndns.html

    BalasHapus
  3. Makasih gan, pencerahannya tapi sy punya masalah, setelah di ping berhasil tetapi ketika saya mematikan dvr cctvnya di ping lgi reques timed out lgi. gmana gan sy pake yag free. blekok.dvrdns.org mohon bantuannya

    BalasHapus
  4. @Surya : coba agan masukin account dyndns agan berserta hostname yang anda buat di menu DDNS dvr dan routing, sesudahnya cek instalasi kabel dari dvr ke switch hub dan router...lalu cek ip publik dvr dengan ip publik yang berbeda dengan ip publik dvr.

    BalasHapus

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......