TIPS MERAWAT LAPTOP AGAR AWET

Di kesempatan yang lalu saya coba share Bagaimana merawat notebook dan hari ini saya coba lebih detail kasus yang sering terjadi.


Berikut beberapa tips sederhana dalam merawat dan menghindarkan laptop Anda dari kerusakan dini sekaligus menambah umur laptop atau notebook Anda :

1. Jangan menaruh laptop dekat minuman untuk mengurangi kemungkinan tersenggol atau tindakan ceroboh lainnya, ketika menggunakan laptop jangan menaruhnya di dekat minuman ataupun segala macam cairan.
jika hal tsb tjd cepat2lah cabut adaptor & lepaskan baterai, bongkar laptop lalu diamkan hingga benar2 kering.

2. Jangan menaruh handphone dekat dengan laptop Peralatan elektronik spt HP, TV,
atau speaker aktif mengeluarkan medan magnet. Medan magnet ini akan mempengaruhi kerja komponen laptop terutama harddisk. untuk melindungi data yang ada di dalamnya, jangan menaruh laptop berdekatan dengan sumber medan magnet tsb. seandainya ingin digunakan sebaiknya hp diletakkan 15-20 cm dari laptop.

3. jangan menaruh laptop di tempat yg panas,
Panas yg berlebihan dapat merusak komponen laptop. jangan pernah menaruhnya ditempat yg panas seperti meninggalkan di mobil dengan tempat parkir yg panas.

4. Jangan menaruh laptop di permukaan yg terlalu empuk,
permukaan yg empuk seperti batal atau kasur dapat menghambat udara panas dari laptop untuk keluar. jika udara panas ini tdk bisa keluar krn terhambat atau tertutup kasur, laptop akan menjadi terlalu panas (overheating).

5. Jangan menaruh laptop di lantai.
Jika menaruhnya di lantai, selain cepat kotor oleh debu, resiko terinjak juga sangat besar. anak kecil atau binatang peliharaan anda bisa saja merusak bagian tertentu dari laptop.

6. Jangan menaruh benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.
Mulai sekarang, coba hilangkan kebiasaan meletakkan kertas atau benda lain di atas keyboard laptop. karena resiko layar tergores menjadi besar.

7. Jangan menaruh beban berat di atas laptop.
Menaruh buku yg berat di atas laptop dapat menyebabkan kerusakan pada layar LCD secara permanen. Hindari menaruh buku atau barang lain yg memberikan tekanan pd laptop.

8. Jangan membiasakan membawa/memindahkan laptop dg kondisi hidup.
Mungkin awalnya tdk apa2, tetapi guncangan akibat terlalu sering memindahkan laptop dg
kondisi menyala dapat menyebabkan kerusakan harddisk. Guncangan membuat head harddisk memiliki kemungkinan menggores cylinder harddisk.

9. Jangan membawa laptop di dalam tas yg penuh berisi barang2.
Laptop yg terkena tekanan memperbesar peluang tergoresnya badan laptop dan rusaknya layar LCD.

10. Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang.
Laptop sifatnya personal. dg alasan keamanan data, jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang.

11. Jangan bongkar laptop tanpa pengetahuan yg cukup.
Jika laptop masih bergaransi lebih baik dibawa ke tempat servis resminya.

12. Matikan laptop dengan cara yang benar.
Jangan biasakan mematikan laptop dg paksa seperti melepaskan baterai atau menekan tombol power. Bila hal ini terjadi bisa sebabkan kerusakan pd harddisk. Biasakan mematikan laptop dg shutdown.

13. Bersihkan keyboard secara berkala.
Bersihkan dg rutin dengan menyemprotkan udara di sela-sela tombol. jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras.

14. Bersihkan layar LCD secara berkala.
Bersihkan LCD dg menggunakan kain yg dpat dibeli di toko komputer. lap dg pelan satu arah, dan lakukan jgn terlalu keras, jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar laptop. jika menggunakan cairan pembersih usahakan sama dengan cairan pembersih
kamera digital.

15. Mengantisipasi tersambar petir.
Pada saat banyak petir saat menggunakan laptop, waspadalah dg mencabut/melepas semua yg terhubung dg laptop. lepas kabel telepon yg terhubung ke modem saat berinternet melalui jaringan LAN.

16. Berhati-hatilah pada saat membuka dan menutup layar laptop.
Antara layar LCD dg badan laptop terdapat engsel yg berfungsi agar LCD dpt bergerak bebas
sesuai kemiringan yg kita inginkan. pada saat membuka dan menutup LCD, jangan
menghentak terlalu keras yg dapat menyebabkan engsel patah.

17. Lepas baterai jika lama tidak digunakan.
Jika berencana menyimpan laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya lepaskan baterai dari laptop. hal ini dapat membuat baterai lebih awet.

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Mengetahui daftar isi Blog Technoray silahkan ke SITEMAP dan daftarkan email anda untuk mengetahui hal baru di sini melaui menu SUBSCRIBE VIA EMAIL, Karena setiap posting terbaru akan otomatis diinformasikan ke email anda.

Sebaiknya gunakan Internet Download Manager Original untuk kemudahan akses download anda. Serta jika berminat untuk tukar link blogroll silahkan kirim link anda, tinggalkan sedikit komentar Anda, karena sebuah titik dari komentar Anda sangat berarti untuk perkembangan Blog saya,

Jika Anda Mendownload melalui Link di site kami, anda akan terlebih dahulu terhubung ke AdFLY, (Mohon tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD; kemudian Download filenya).

Terima Kasih.......